Penyuluhan Kesehatan Dan Skrining TBC Di Rutan Kudus Bersama Petugas Puskesmas Wergu Wetan

    Penyuluhan Kesehatan Dan Skrining TBC Di Rutan Kudus Bersama Petugas Puskesmas Wergu Wetan

    Kudus - Senin, (03/07) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kudus Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yaitu salah satunya dengan melakukan skrining kesehatan _Tuberculosis_ (TBC) dan gangguan penglihatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Wergu.

    Kegiatan penyuluhan dan skrining ini dilakukan dalam rangka pemantauan kesehatan TBC juga gangguan penglihatan bagi para WBP yang ada di Rutan Kudus. Skrining massal juga merupakan langkah preventif guna mendeteksi gangguan kesehatan pernafasan dan panca indera pada warga binaan.

    Kegiatan penyuluhan dan skrining kesehatan TBC dan penglihatan mata ini dilakukan di Aula Rutan Kudus dengan sistem tanya jawab serta diskusi masalah kesehatan penafasan dan panca indera terutama penyakit TBC oleh petugas kesehatan yang dipimpin oleh Dwi Erlina dan Ice Sussilowati selaku Perawat dari Puskemas Wergu kepada para WBP untuk mengetahui gambaran kondisi jiwa mereka saat ini. Terlihat warga binaan sangat antusias mengikuti kegiatan skrining TBC dan gangguan penglihatan.

    Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Abdul Aziis Sinung Wibowo mengucapkan terimakasih kepada petugas kesehatan dari Puskesmas Wergu yang telah bersedia melakukan pelaksanaan giat skrining ini yang bertujuan sebagai deteksi dini terhadap kesehatan pernafasan dan panca indera bagi warga binaan.

    “Pelaksanaan kegiatan ini kami berikan kepada WBP sebagai tindak lanjut dari faktor resiko terpapar bakteri _Tuberkulosis_ serta peningkatan pengetahuan WBP terhadap penyakit TBC dan gangguan penglihatan, ” ucapnya.

    Skrining kesehatan pada TBC dan panca indera ini berlanjut dengan konsultasi masalah gangguan pernapasan dari setiap individu.

    kemenkumhamri kemenkumhamjateng
    David Fernanda Putra

    David Fernanda Putra

    Artikel Sebelumnya

    Aksi Babinsa Bersama Warga Turun Ke Sungai...

    Artikel Berikutnya

    Rutan Kudus Ikuti Rekonsiliasi Data Laporan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TNI-Polri Gelar Tactical Video Game Untuk Sinergikan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden 2024
    Diduga Langgar AD/ART, Munas XI Partai Golkar Digugat ke PN Jakarta Barat dan PTUN
    Mobil Otonom: Teknologi Revolusioner di Dunia Transportasi
    Mobil Hybrid vs. Mobil Listrik: Menimbang Pilihan Terbaik dalam Era Kendaraan Ramah Lingkungan
    Menggali Keunggulan 20 Produsen Mobil Dunia: Perjalanan Inovasi dan Dominasi

    Ikuti Kami