Rutan Kudus Gandeng Dinas Kesehatan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

    Rutan Kudus Gandeng Dinas Kesehatan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular
    Dok. Humas Rutan Kudus

    Kudus - Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus bekerja sama dengan Puskesmas Wergu Wetan telah berhasil melaksanakan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) deteksi dini penyakit tidak menular di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kudus pada hari Senin, 12 Februari 2024.

    Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Abdul Aziis Sinung Wibowo bersama dengan Tim POSBINDU dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus yang dipimpin oleh Indria Toni serta Tim POSBINDU dari Puskesmas Wergu Wetan.

    Sebanyak 16 Petugas dan 17 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kudus yang memiliki riwayat penyakit serta lansia turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka menjalani serangkaian pemeriksaan mulai dari penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, hingga pengukuran lingkar perut. Selain itu, mereka juga mengisi kuesioner kesehatan mental dan menjalani pengukuran tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol.

    Abdul Aziis menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular yang mungkin diderita oleh Petugas dan WBP Rutan Kudus. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna untuk upaya pencegahan dan penanganan penyakit tidak menular di lingkungan Rutan Kudus.

    "Kesehatan adalah hak asasi setiap individu, termasuk mereka yang berada di dalam sistem pemasyarakatan. Melalui deteksi dini penyakit tidak menular, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup mereka, " ungkap Aziis.

    Melalui kerjasama yang solid antara Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Puskesmas Wergu Wetan, dan pihak terkait lainnya diharapkan dapat terus dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, termasuk di dalamnya para WBP Rutan Kudus.

    kemenkumhamjateng kemenkumhamri
    David Fernanda Putra

    David Fernanda Putra

    Artikel Sebelumnya

    Peresmian MPP Kota Tegal, Kemenkumham Jateng...

    Artikel Berikutnya

    Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TNI-Polri Gelar Tactical Video Game Untuk Sinergikan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden 2024
    Diduga Langgar AD/ART, Munas XI Partai Golkar Digugat ke PN Jakarta Barat dan PTUN
    Mobil Otonom: Teknologi Revolusioner di Dunia Transportasi
    Mobil Hybrid vs. Mobil Listrik: Menimbang Pilihan Terbaik dalam Era Kendaraan Ramah Lingkungan
    Menggali Keunggulan 20 Produsen Mobil Dunia: Perjalanan Inovasi dan Dominasi

    Ikuti Kami